Halaman

Sabtu, 24 September 2016

Pengertian penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif

 Deskripsi Penelitian kualitatif
Penelitian kualitatif adalah salah satu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan perilaku orang-orang yang diamati. Penelitian kualitatif juga merupakan penelitian yang berlandaskan pada filsafat post-positivisme yang di gunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya eksperimen). Pengambilan sampel sumber data di lakukan secara purposive. Analisis data pada kualitatif bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan generalisasi  di mana peneliti
Dalam penelitian kualitatif, pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara:
a)      wawancara
Dalam wawancara, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang peneliti yaitu: intonasi suara, kecepatan berbicara, sensitifitas pertanyaan, kontak mata, dan kepekaan non verbal.
b)     observasi
Observasi dilakukan dengan alasan untuk menyajikan gambaran realistis perilaku atau kejadian, untuk menjawab pertanyaan, membantu mengerti perilaku manusia, dan untuk evaluasi.
c)      dokumentasi
merupakan pengamatan juga pencatatan secara sistematik yang terdiri dari unsur-unsur yang muncul dalam suatu gejala-gejala yang dalam objek penelitian. 
d)     Focus Group Discussion (FGD)
Merupaka teknik pengumpulan data yang umunya dilakukan pada penelitian kualitatif dengan tujuan menemukan makna sebuah tema menurut pehaman kelompok.
e)      Teknik kuesioner
Kuisioner atau angket merupakan suatu teknik pengumpula data secara tidak langsung (peneliti tidak langsung bertanya jawab kepada responden). Instrumennya disebut angket yang berisi data sejumlah pertanyaan yang harus dijawab atau direspon oleh responden.
f)       Teknik triangulasi
Merupakan periksaan keabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data untuk pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data tersebut.

Ø  Deskripsi Penelitian kuantitatif           
Penelitian kuantitatif dapat di artikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada positivisme, dapat di gunakan untuk meneliti populasi atau sampel tertentu , pengumpulan data, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah di sampaikan. Proses penelitian kuantitatif bersifat deduktif.
Pada penelitian kuantitatif data yang telah terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik deskriptif atau inferensial sehingga dapat di simpulkan hipotesis yang di rumuskan terbukti atau tidak. Untuk sampel pada penelitain kualitatif biasanya di pilih secara random sehingga kesimpulan hasil penelitian dalat di generalisasikan pada populasi di mana sampel tersebut di ambil
Dalam pengolahan data, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni
        a. Variabel
        b. Skala pengukuran (Skala Nominal, Skala Ordinal, Skala Interval, Skala Rasio)
        c. Instrumen Penelitian


        d. Validitas dan Reliabilitas

1 komentar: