Halaman

Selasa, 10 April 2012

MATAHARI


Matahari  adalah sebuah bintang bagaikan bola api raksasa yang berpijar. Matahari juga merupakan sumber energi dan panas utama bagi kehidupan di planet bumi. Matahari terdiri dari inti dan 3 lapisan kulit yang masing-masingnya fotosfer, kromosfer dan korona. Jarak matahari ke bumi adalah 9,3 x 107 mil yang dipakai sebagai satuan astronomi. Garis tengah: 1.392.000 km. massa : 331.950 massa bumi. Temperatur permukaan matahari mencapai 6.000°K, inti mencapai 15.000.000°K, bintik-bintik hingga 4.000°K, dan tekanan mencapai 400x109 atm bumi. Gaya tarik matahari kira-kira 30 kali gaya tarik Bumi. Matahari sangat penting bagi kehidupan di Bumi, karena
  • Merupakan sumber energi (sumber panas)
  • Mengontrol stabilitas peredaran Bumi (rotasi dan revolusi)
                  Reaksi rantai proton-proton atau reaksi rantai pp adalah salah satu dari dua reaksi fusi yang mengubah hidrogen menjadi helium di dalam inti bintang, reaksi lainnya adalah siklus CNO. Reaksi rantai proton-proton terutama terjadi di dalam bintang-bintang seukuran Matahari atau lebih kecil.
                  Umumnya fusi proton-proton hanya dapat terjadi pada temperatur yang sangat tinggi untuk membuat proton-proton memiliki cukup energi kinetik dalam mengatasi tolakan Coulomb. Temperatur yang tinggi ini adalah sebab reaksi seperti ini disebut sebagai reaksi termonuklir. Teori bahwa reaksi proton-proton adalah dasar bagi Matahari dan bintang-bintang lain bersinar diajukan oleh Arthur Eddington pada 1920-an, tetapi masalah timbul karena temperatur Matahari didapati masih terlalu kecil untuk mengatasi penghalang gaya Coulomb. Setelah berkembangnya mekanika kuantum, ditemukan bahwa efek terowongan dalam fungsi gelombang proton-proton tersebut memungkinkan reaksi fusi terjadi pada temperatur yang lebih rendah. Setiap rangkaian reaksi pp memakan waktu rata-rata 109 tahun pada kondisi suhu inti Matahari. Karena lambatnya reaksi ini maka Matahari masih bersinar. jika lebih cepat, Matahari sudah sejak lama menghabiskan hidrogennya.
·         Reaksi proton-proton merupakan reaksi berantai yang melibatkan tumbukan enam proton dengan hasil akhir satu inti helium, dua proton, dua positron, dua neutrino, dan energi. Dinamai reaksi proton-proton karena reaksi pertama dalam rangkaian reaksi rantai tersebut melibatkan dua proton.
                        Secara keseluruhan proses reaksi nuklir atau reaksi fusi yang terjadi di pusat matahari adalah sebagai berikut.
4 1H      4He + 2 0e+ + 2nc + 2ɤ
Positron dan elektron selanjutnya akan bergabung menjadi energi matahari yang pada akhirnya sampai permukaan bumi.
0e+ + 0e-                     energi
·         Lampiran foto reaksi-reaksi matahari dirumah energi boscha

1 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus