Halaman

Senin, 21 Januari 2013

DASAR-DASAR PENDIDIKAN MIPA


1.      Apa yang di maksud dengan akomodasi?
2.      Apa yang di maksud dengan asimilasi?
3.      Apa yang di maksud dengan equibilium?
4.      Apa yang di maksud dengan behavior?
5.      Tokoh kontrutivisme sosial dan individu?
6.      Apa yang dimaksud dengan discoveri dan inquiri?
Jawab:
1.      Akomodasi berarti perubahan struktur pengetahuan yang sudah ada sebelumnya untuk mengakomodasi hadirnya informasi baru.  Pengertian akomodasi dalam kamus (Lerner & Kline, 2006) adalah penyesuaian dan modifikasi program pendidikan untuk memenuhi kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus.
2.      Asimilasi adalah proses kognitif perubahan skema yang tetap mempertahankan konsep awalnya, hanya menambah atau merinci. Asimilasi melibatkan penggabungan pengetahuan baru dengan struktur pengetahuan yang sudah ada.
3.      equilibrium adalah keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi sehingga seseorang dapat menyatukan pengalaman luar dengan struktur dalamnya (skemata). Proses perkembangan intelek seseorang berjalan dari disequilibrium menuju equilibrium melalui asimilasi dan akomodasi.
4.      Pada dasarnya perspektif Behaviorisme menjelaskan bahwa seseorang akan berubah perilakunya (belajar) apabila dia berada dalam suatu kondisi belajar yang meregulasi perilaku. Perspektif behaviorisme menggunakan ganjaran (reward) dan hukuman (punishment) konsekuensi sebagai penguatan terhadap belajar.
5.      a . tokoh kontruktivisme sosial
            Vygotsky, seorang psikolog dari Rusia, yang meninggal pada usia yang masih muda, yaitu 38 tahun. Selama usianya yang relatif muda, dia telah menghasilkan lebih dari seribu buku dan artikel. Vygotsky berpendapat bahwa pengetahuan dibangun secara sosial dalam pengertian bahwa peserta yang terlibat dalam suatu interaksi sosial akan memberikan konstribusi dan membangun bersama makna suatu pengetahuan. Dengan demikian proses yang terjadi akan beragam sesuai dengan konteks kulturalnya
b. tokoh kontruktivisme individu
            Piaget (1990)  menjelaskan pentingnya berbagai faktor internal seseorang seperti tingkat kematangan berpikir, pengetahuan yang telah dimiliki sebelumnya, konsep diri, dan keyakinan dalam proses belajar. Berbagai faktor internal tersebut mengindikasikan kehidupan psikologis seseorang, serta bagaimana ia mengembangkan struktur dan strategi kognitif, dan emosinya.
6.      pendekatan belajar Inquiry dan Discovery adalah dua pendekatan yang saling memerlukan satu sama lain. Istilah asing yang sering digunakan untuk metode ini ialah discovery yang berarti penemuan, dan inquiry yang berarti mencari. Carin ( 1985 ) menyatakan bahwa “ discovery” adalah suatau proses mental dimana anak atau individu mengasimilasi konsep dan prinsip-prinsip. Inquiry dinyatakan sebuah proses untuk mendapatkan suatu hasil penemuan baru yang penemuan baru tersebut biasanya disebut sebagai Discovery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar